Selasa, 08 Januari 2013

[Media_Nusantara] Rahasia Dibalik Perdagangan Triliunan Dollar Minyak Mentah

 

"Rahasia Dibalik Perdagangan Triliunan Dollar Minyak Mentah"

by @Ronnie_Rusli

Kultwit 2013 (January): Rahasia tersembunyi dibalik perdagangan minyak mentah dengan nilai triliunan dolar (1-66). Manakala kita ke Singapore & melongok dr dermaga Keppel kelepas pantainya, akan terlihat berderet-deret kapal tanker disana yg lepas sauh. Jng salah pandang tanker2 itu adl gudang penyimpanan minyak mentah yg selalu siap utk memasok kilang2 patungan milik bersama. Kilang investasi bersama Temasek dng investor spt shell oil, nippon oil yg menyuling minyak mentah yg sebagian hasilnya ke #Pertamina

Penjual minyak mentah dr negara penghasil gampang dicari, ttpi manakala "send your tanker we filled up, tdk 1 pun tanker yg nongol/ada. Krn semua sdh filled up & fully book oleh oil trader. Bgt tanker lepas dr galangan sdh ada yg #lease utk di tongkrongkan dilepas pantai. Tdk perduli berapa bnykpun tanker yg lepas galangan kapal akan selalu di lease/sewa utk diisi minyak mentah, apalagi membuat super tanker. memakan wkt lbh dr 1 tahun itupun kl sdh order duluan. Makanya wkt Meneg BUMN LS melego 2 tanker raksasa #Pertamina sngt rugi besar. Sama halnya spt kata pejabat, kita pny bnyk cekungan minyak ttpi faktanya kl cari offshore rig tidak ada yg mau sewakan. Bgt jg kl Pertamina mau beli minyak dr Iran atau Nigeria, mrk akan bilang "just send your tanker we filled up for you" tp tanker tdk ada

Dilepas pantai bnyk super tanker pnh dng muatan minyak "its owner don't want to sell" kl dlm bahasa inggeris "its a very murky business. 1 Kapal supertanker spt Delta Ios atau Burgas pny kapasitas 313000 ton x 6.3 barrel atau kapasitas per tanker 1.97jt barel minyak mentah. Utk mengisi penuh 2 supertanker spt ini prl wkt lbh dr 4 hari dr seluruh cadangan minyak yg dipompa oleh NKRI itupun kalaupun tersedia. 2 Kapal super tanker itu sdh diisi penuh dng minyak mentah sbg gudang pdhl baru 2 bln lepas dr galangan kapal pembuatnya

2008 prnh bertemu pedagang minyak org Rusia (Gunvor), mirip pedagang dr cartel mendelin, kalung & gelang emas tebal, perokok berat. Prshn/trader minyak terbesar didunia ada 4 saja yaitu Glencore, Trafigura, Vitol & Gunvor mrk bayar sewa gudang rata2 US$70000/hari. Kapal2 tanker milik mrk ada yg berisi minyak mentah utk pembelian TOT ataupun berisis minyak high speed diesel yg dibeli DIS utk PLN. Rata2 isi kargo minyak mentah ataupun minyak hasil suling spt minyak high speed diesel di kapal2 itu berharga dikisaran US$200-250 juta. Makanya walaupun supertanker terisi penuh dan ditongkrongkan berbulan-bulan tdk menjadi soal krn Indonesia butuh minyak & sulingannya. Tdk mengherankan kl bisnis minyak selalu "its goes up right to the highest person in power" maka tangan tukang koran ga bs sentuh. Maksimal dia main mobil2an itupun tdk becus nubruk gunung "rem blong", pdhl kl dia jagoan spt citranya bisa dng memulangkan Petral dulu.

Kapal2 tanker spt Delta Ios dan NS Burgas ada bnyk jumlahnya dlm perdagangan minyak dunia, dan rata2 trader atau #Shell membayar. sewa atau lease sebanyak US$120 juta/bulan utk tetap buang sauh sebagai gudang minyak diseluruh dunia dng muatan. minyak mentah sebanyak 150-300 juta barrel sbg simpanan yg se-waktu2 kalau (#redundant) dibutuhkan oleh pembeli diseluruh dunia dari negara2 spt Indonesia, Jepang ataupun China kalau terjadi lonjakan harga minyak dunia dan mrk tdk perduli dng pengeluaran. Untuk sewa supertanker yg diproduksi didunia, hanya utk ditongkrongkan di lepas pantai spt di Singapore dan lain tempat. Walaupun aliran pengeluaran mrk cukup deras dng menyewa, sebaliknya arus balik yg msk jg sngt deras ke pundi2 mrk. Sampai hr ini setiap supertanker yg lepas galangan kl tdk diambil oleh pemesan spt NIOC dr Iran pasti disewa mrk sbg #floating storage

Sekilas tampaknya rugi perdagangan minyak ini, tetapi pd kenyataannya tdk krn dikaitkan dng #future contract suatu permainan mirip judi. Harga minyaknya yg keliling bursa didunia, ttpi faktual #physical minyak mentah tetap mengapung dilepas pantai & tdk bergerak. Kecuali ada perintah delivery, barang musti ada dan siaaapp, beda dng perdagangan barang bodong di NKRI harga ada barang tidak ada

Para trader minyak rata2 membeli secara #spot market pd saat harga murah kemudian mrk #hedge untuk #future contract makanya biar itu supertanker pd karatan dilaut berisi minyak & engga ke-mana2, harganya yg keliling dunia naik turun spt kena ombak laut. Memang ada yg bilang paling enak jadi kapten kapal supertanker yg buang sauh dilepas pantai Singapore selama tdk ada DO, cuma ABK yg jg. Kata teman kapten kapalnya menginap di #Marina Baysand hotel sambil main judi jackpot & kl kebelet kencing tinggal ke pulau Batam saja.

Pembelian minyak mentah scr #spot oleh oil trader & diperdagangkan dibursa dng #future contract menghasilkan keuntungan rata2 15-20%. Itupun adl keuntungan yg diperoleh oil trader stlh dikurangi dng biaya sewa tankernya, yg perharinya bisa mencapai US$100.000/tanker. Makanya kl #Pertamina sulit cari minyak mentah atau minyak suling bukan tdk ada, tp ada dilepas pantai & tdk mau dijual dng harga #spot. knpa tdk mau dijual kl Pertamina butuh?, krn fakturnya utk mensupor perdagangan komoditi di bursa minyak dan derivativenya kalau2 ada DO

Saat2 bursa komoditi longggar bln Jul-Agsts & tersedia hrg miring diprodusen spt di Nigeria atau Iraq, stok #future dilepas pd hrg #spot. Tetapi kl beli hrg #spot yg sdng dlm #future contract maka hrg minyak mentah dimainkan oleh trader kecuali Pertamina bayar premium. Tetapi di negara maling mau glut atau tdk glut Pertamina beli minyak mentah atau hasil sulingan dng harga premium utk bagi2 komisi. Trader pintar menunggu wkt tepat beli minyak overcapacity ditanker & menjual kembali scr #arbitrase thdp perbedaan hrg #spot & #future.Perdagangan ini dikenal sbg "very murky business" mungkin kl ada yg bikin film perdagangan minyak mrk individu yg cocok jd bintang filmny. Krn penampilan mrk keuren bukan spt bapak2 jaman dulu pake dasi ikat model windsor, mrk muda2 yaa mirip2 antonio bandera (Gunvor)

Perdagangan minyak siapa #credible man-nya sulit ditemui walaupun di Singapore, krn sdh ada org2 trtntu diPetral yg tdk diketahui publik. Para oil trading company inilah yg berfungsi sebagai #Jobber dari perusahan raksasa penghasil spt ExxonMobil, Shell, T otal ataupun BP. Kantor pusat oil trader ini mirip2 dng kantor perdagangan bursa lengkap dng peta letak GPS tanker2 mrk yg terisi, bukan bodong (kosong). Dlm trading room inilah para trader melakukan penjualan minyak virtual yg di back up tanker2 yg buang sauh dilepas pantai spt Singapore

Bnyk yg tdk mengerti, berpendapat beli minyak mentah itu spt beli diSPBU atau beli dipelabuhan minyak spt halnya beli btu bara di Kaltim, Perdagangan minyak bumi & hasil sulingannya semua sdh di lock up dlm tanker2 dng posisi GPS utk pebelian yg dilakukan #future contact. Kalau beli spot market mahal dan tdk gampang, kecuali yg belum masuk kedalam kontrak bursa komoditi minyak di CBOT (London/New York)

Teman Prof. David Tanenbaum (yahudi) di NYU sambil senyum berkata ke saya biarkan Arab2 yg jg ladang minyak tp hrgnya kita yg menentukan. Perdagangan minyak dunia dilakukan oleh ke 4 #Jobber yaitu Glencore, Vitol, Trafigura dan Gunvor utk kepentingan #the seven sisters. Revenue perdagangan minyak dari Travigura saja pertahun hari ini mencapai US$140 miliar (US$122 miliar tahun 2011). Sering mrk mencuci isi tanker2 mereka di lepas pantai Afrika, dng bahan kimia utk diisi minyak baru nanti di NKRI buang di maluku/papua. Ini semua terjadi krn bnyk pejabat maling/korup, asal ada yg bayar mrk terima saja limbah buangan dr kapal2 tanker raksasa. Dering mrk membeli bensin kualitas rendah dr Mexico (coker gasoline) utk diolah jd premium yg dibeli Petral & bikin jebol Honda Jazz. Perdagangan scr #physical trading jg mrk lakukan dng berbagai jenis campuran sisa2 minyak dr berbagai negara spt Zatapi dibeli Pertamina

Perdagangan minyak mentah & hasil sulingannya didunia hari ini mencapai sekitar US$ 3 triliun dng mata uang US dolar. Amerika paling marah kl ada yg mengganti perdagangan minyak mentah dng mata uang negara lain baik itu Euro atau Yuan di Asia nantinya

Ke4 trader minyak atau #Jobber mempunyai revenue pertahun sekitar US$800 miliar keuntungan mrk sekitar 10-15%. Mrk inilah yg menguasai bisnis energi termasuk batu bara kualitas bagus dari Kaltim dibeli oleh Glencore utk dijual ke China. Ada ketakutan yg amat sngt dr para pemegang saham perusahan trader & penghasil kalau Iran menyambung pipa minyak/gas langsung ke China. Maka perdagangan minyak Iran ke China sdh menggunakan mata uang Yuan tanpa perlu menggunakan fasilitas transfer SWIFT. Walaupun para oil trader melakukan perdagangan berdasarkan ketentuan OECD kemana saja, tetapi transaksi mrk sngt tertutup rapat . Makanya selalu dikatakan "Oil trading is a very murky business" sebagaimana yg dilakukan Mr. Gasoline di Singapore. END.

Baca Juga:
- "Kondisi Cadangan Minyak Dunia" ==> http://chirpstory.com/li/38745

- di balik perdagangan minyak dunia ==> http://chirpstory.com/li/44586

- Mafia Minyak di Indonesia ==> http://chirpstory.com/li/6495

- Sekilas Tentang Muhamad Reza Chalid,Raja Mafia Minyak ==> http://chirpstory.com/li/7338

- Menghitung Kerugian Negara Akibat Ulah Mafia Minyak ==> http://chirpstory.com/li/7293

- Permainan Raksasa Minyak Global Masuk ke Indonesia ==> http://chirpstory.com/li/7293

- Sedikit info Permainan Pertamina/Petral soal hargaImpor BBM ==> http://chirpstory.com/li/7293

- Pertamina, Petral, Istana, dan KIB II ==> http://chirpstory.com/li/7827

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar