"Modus 'Trader / Jobber' Dalam Melakukan Perdagangan Triliunan Dollar Minyak Mentah"
by @Ronnie_Rusli
Jadi kl pembeli ingin membeli minyak mentah hr ini, mk hrs dibeli dng hrg spot (hrg sesaat) berapapun bsr jmlhnya hrs dlm 1 transaksi. Jd kl salah 1 trader yg dikenal sbg Jobber mengatakan ada tersedia spot 5 jt barel minyak metah ya hrs dibeli semua tdk bs diketeng. Minyak mentah tdk bs dibeli ketengan spt belanja buah dipasar. Perdagangan minyak mentah semuanya sdh "lock-up" tdk ada spare volume. Krn semuanya sdh msk dlm transaksi komoditi spt emas, perak, tembaga dll & hny melalui trader spt sogo shosha jepang atau org. yg credible sj yg bs dilayani oleh #Jobber, krn hrs dilakukan putus kontrak & tdk mungkin dibeli bgt hrg minyak mentah & lokasi tanker. sdh msk di Reuter atau Bloomberg commodity "future screen" yaitu sdh tertera dlm layar monitor tentang spesifikasi minyak & jumlah dr minyak mentah yg tersedia utk dibeli secara spot. Kl ada kontak umum biasanya Cuma dikasih quatasi di layar trading room saja
Bisnis minyak mentah adl bisnis produk politik artinya keputusan ada ditangan presiden Iran atau Raja Saudi atau Emir Kuwait. Kl Indonesia perlu minyak mentah & kontak Raja Saudi atau Presiden Iran, melalui menteri minyak sbg org suruhan raja/presiden. mrk akan bilang kirim tanker saja kita isi penuh. Nah tanker inilah yg tdk ada semua sdh terisi penuh sjk lepas galangan kapal. Sdh dicater oleh para #jobber ini, kecuali pny armada tanker sendiri spt ExxonMobil, Total atau Shell
Menyewa tanker biayanya sekitar 4%/ton x jmlh muatan (ton) x 6.3 x hrg spot/barel yg diisi dlm kapal tanker sejak dr pelabuhan kedemaga. minyak sipembeli dimana minyak itu diturunkan. Spt kita naik taksi dr bandara Soeta ke rumah, sampai ditempat kemudian hrs tunggu. maka biaya tunggu untuk unloaded adalah >US$100,000/hari bisa sampai US$200,000/hari kl tanker lbh besar daya muatnya. Kl ada koneksi dengan negara spt S'pore atau Liberia atau Bahama, maka kapal supertanker bisa lepas sauh & tunggu DO Kemana kapal hrs turunkan muatan minyak mentah, dng catatan muatan sesuai dng spesifikasi "refiner" penyulingan minyak. Biasanya "light crude" API 40 sampai 50 (encer spt kopi hitam) ini yg tinggi nilainya spt WTI atau Brent crude oil. Kalau pembeli minyak menta sdh serius dan kredibel dari mana asalnya dan mewakili siapa, maka "tradernya" yg datang. Jng bayangkan trader pakai dasi & berusia lanjut, tidak mrk berusia antara 35-40th model antonio bandera krn mrk inilah yg akan mencari. Bukan mencari diladang2 minyak arab, tetapi mrk mencari di layar kaca "commodity trading work station" dimana yg sdh jatuh tempo dan jumlahnya, jenis minyak API dan jumlahnya. Nach kl mrk bilang ada ready 5 juta barel, maka engga bs kita tawar utk ambil 1 jt barel hrs semuanya diambil. Kl punya koneksi dng pembeli spt Petral/Pertamina dan #refiner yg sdh pny tangki penyimpanan (tank farm) & spek minyak sesuai dng #refinery biasanya utk Pertamax & Pertamax+ dng API 40 keatas, minyak sejmlh 5 juta barel dipompa ke tank farm. Selanjutnya di suling jd Pertamax/Pertamax+ jd milik Mr. Gasoline yg selanjutnya bertransaksi dng Pertamina & penguasa Cikaos
Krn sdh masuk dlm sistim lingkaran jobber (oil commodity trader), refiner dan "the seven sisters" maka lingkaran ini tdk boleh putus. Ibaratnya sdh masuk dlm lingkaran "lottery" spt sdh masuk dlm permainan poker ya engga boleh stop ditengah jalan. Krn akan mengganggu link yg sdh terbentuk, spt kl sdh msk lingkaran "Junkie" maka tdk sembarangan "new commer" bisa dapat "boat". Makanya disebutkan "Oil business is a murky business" dalam hal ini siapa yg sdh jadi junkie yg pengendara mobil & motor di Indonesia. Spy lestari lingkaran perdagangan ini mka dicari alasan2nya spt besarnya subsidi minyak sngt tinggi krn orng kaya pakai minyak subsidi.
Bagaimana dng sulingan bensin premium? Premium adl bensin jelek diambil dr "petroleum gas cooker" bahannya dr sisa sulingan oktan tinggi dibeli oleh trader Jobber dijual ke pembeli Mr. Gasoline, kemudian disuling di belanda (rotherdam) br dikirim ke pembeli. Sama hal spt di Singapore utk kelas Pertamax / Pertamax+ yg di Roterdam adl kelas Premium, krn penyulingan dr refiner lama. Pernah dicoba di kilang balongan milik Pertamina utk memproduksi premium hasilnya bumpet rusah musti dimodifikasi lagi. Kilang minyak Pertmina di Dumai adl utk minyak dr ladang Minas yg waxy parafin dan kebanyakan utk olie produknya sedikit nafta.
Lazimnya kl bertransaksi minyak mentah pertanyaan yg diminta trader adl mau beli jenis apa? WTI/Brent/Saudi/Russia/Dubai/Basket? Basket ini adl campuran dr bermacam2 ladang minyak dr yg kualitas bagus sampai kualitas bobrok spt kelas Zatapi (Jelanta hitam pekat). Para trader #Jobber ini punya semua spesifikasi minyak mentah dng sederet harga pasar spot dr slrh negara2 penghasil minyak mentah. Yg menarik adl hubungan antara #Jobber dgn "The 7 Sister" ini persis spt hubungan antara "hedge fund" dengan "Investment bank". Yg Mmlki/menguasai konsesi adl "The 7 Sister" yg mlkkn transaksi (premannya) adl para #jobber ini atau "hedge fund" utk Investment bank Arab2 penghasil minyak ini ngapain? Sesuai deskripsi teman saya prof david tanenbaum di NYU mrk adl penjaga/Satpam SPBU, krn semua harga komoditi minyak ini ada didalam "oil commodity trading work station" ditentukan oleh tangan orang2 yahudi (spot &future). Mrk inilah yg bisa memerintah "tanker2 minyak utk stop berlayar" krn dilayar monitor ada spek minyak, lokasi GPS tanker2 & refiner. Krn kita sdh msk dlm lingkaran ini maka jngn harap produksi minyak akan sesuai dng APBN itu cuma mimpi
Chevron sj berani sama MenESDM, berani2 loe gue turunin prdksi minyak dilapangan konsesi gue toch scr hkm gue berkuasa dikonsesi. makanya kl sepintah kita baca hrg minyak itu adl hrg utk kontrak NYME beberapa bulan kedepan (future) bukan harga sesaat (spot) Reference dr EIA ada daftar hrg2 minyak mentah spot dan future contract dr seluruh dunia dn jenis2 API-nya. Harga spot adl harga hari ini yg diputuskan utk diangkut, yaitu harga deal dan kapal supertanker angkat sauh dan berlayar menuju t4 pelepasan muatan minyak. Jd ga gampang kl mau coba2 main minyak, krn trader akan tanya jenis API, sertifikasi dr #refiner yg sesuai dng muatan minyak dlm kapal tanker dan dimana demaganya dan sertifikat refiner bersedia mennyuling minyak dng biaya US$5-10/barel. Setelah disuling di Singapore. Roterdam mau dibawa kemana, dan mana DO dr Pertamina jumlahnya dan tern deliverynya. Kl ini tdk jelas dr "New Comer" maka tdk ada penjualan bisa dilakukan krn sifatnya adlah beli putus (one time open market transaction) dan barang langsung dikirim dng jumlah tersedia yg rdk bs dikurangi ke lokasi penerima Komoditi dng harga saat transaksi disepakati. Dana pembelian harus dibayar paling lama 2 minggu, kl Pertamina bisa defferred sampai 3 bulan krn repeat order.
Pny pengalaman dng sdco milik SDj, iparnya datang BHk mau jual minyak dr Kazakstan kekantor, trader sogo shosha dr Tokyo dtng, trnyta minyaknya bodong, minta sertifikat refinery djepang spy bs ambil minyak dr Kazakstan, dikontak ksn & bodong penjual tdk bonafit. Kl Mr Gasoline ini memang well connected dng lingkaran yg spt bandarBBM (The 7 sista)-pengedarBBM (Jobber)-junkie BBM (Pertamina). Layaknya perdagangan spt ini the copnya hrs dpt, walikotanya jg hrs dpt, dr penadahnya & Mr gasoline ini adl mister go in between. Terima komisi BBM (Bo'at) adl bagian dr mata rantai perdagangan BBM dan minyak mentah untuk para pecandu BBM
Menurut analisa saya subsidi ini memang diadakan krn semua tangan2 jadi berminyak tdk kering tetapi hrs ada yg disalahkan. Yg disalahkan adl org kaya yg katanya msh sk beli premium (omong kosong) mana ada yg mau isi Jazz baru keatas dng premium yg kotor. Krn refiner pengilang akan melakukan pekerjaan sesuai dng permintaan mr gassoline dng #Jobber maka hrs kontrak jangka panjang krn sifat kontrak jangka panjang, maka hrs dibuat jadi junkies BBM utk impor terus menerus. Maka sy tdk heran kl ExxonMobil gak mau buka lapangan Cepu dan Banyu urip di Jateng-Jatim, spy demand thd minyak mentah dan produk olahan ttp tinggi. Apalagi proyeksi 2018 permintaaan BBM mencapai >3-3.5 juta barel/hari dan sampai tahun itu akan ada subsidi kecuali subsidi hanya diberikan dlm volume kecil utk daerah kota2 kecil dan daerah perintis diluar jawa, maka lingkaran rantai ini bisa diputus
Pembelian spot jangka panjang bisa dilakukan antara institusi melalui NYME atau negosiasi private antar commodity trader. Pembelian spot diknl sbg Contago yaitu contract diluar pebelian berjangka (out month) lbh mahal dr yg sdh mendekati bts wkt (near-month). Jd walau hrg minyak dunia menurun (utk bbrp bln kedepan) tetapi harga spot delivery naik bgt jg sebaliknya tergantung #Jobber.
Perdagangan minyak mentah total sdh dikuasai oleh pemegang mandat harga di NY dan London. Issue minyak mentah bakalan habis membuat Amerika menginvasi Iraq untuk mengamankan energy (resource war) dng alasan ada senjata pemusnah massal
Delivery order tanpa kontrak pembelian jangka panjang hrs dilakukan atau minyak tdk ada walaupun tanker2 terisi penuh lepas dr galangan. Harga minyak yg penting, fisiknya kurang penting tetapi hars ada, utk backup minyak yg di sekuritisasi jadi ETF (Exchange Trade Fund). ETF yg diperdagangkan oleh para trader yahudi di NYME & London inilah yg menentukan untung ruginya bisnis minyak dunia. Sementara Arab cuma dapet laporan dr org yahudi kl minyanya di dlm tanah mrk lg naik & mereka senang minum2 qa'mar. Kalaupun mereka terima wire transfer juga terbatas hanya liat2 dlm layar kaca tapi real moneynya ada di bank2 London & NY. Kl uangnya sdh bnyk di-takut2ti & dinasehati beli snjt, uangnya balik lg ke bank2 milik yahudi, bule dpt job bikin & plihara snjta Arab
Sangat berbeda dng Chaves negara dng cadangan minyak terbesar (Orinoco heavy oil belt) di benua Amerika. Dia tdk mau Ladang2 minyaknya di sekuritisasi dan menjual kpd yg memiliki armada tanker dan kebanyakan dr negeri China dibayar Yuan Ok!. Krn Chaves berfikir uang Yuan beredar di tangan 1.3 miliar orang sdh cukup dbanding dng US$ yg tdk sampai 1 miliar tangan. Cepat atau lambat Chaves sadar kl Yuan akan echangeable dng semua mata uang dunia stl China menjadi No1 ekonomi dunia.
PENUTUP: Negara kita sdh msk dlm lingkaran junkie BBM (Bo'at) subsidi dilakukan spy maling lestari kecuali kt plih Capres yg 1 itu? END.
Baca Juga :
- "Rahasia Dibalik Perdagangan Triliunan Dollar Minyak Mentah" ==> http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2013/01/medianusantara-rahasia-dibalik.html
- "Kondisi Cadangan Minyak Dunia" ==> http://chirpstory.com/li/38745
- di balik perdagangan minyak dunia ==> http://chirpstory.com/li/44586
- Mafia Minyak di Indonesia ==> http://chirpstory.com/li/6495
- Sekilas Tentang Muhamad Reza Chalid,Raja Mafia Minyak ==> http://chirpstory.com/li/7338
- Menghitung Kerugian Negara Akibat Ulah Mafia Minyak ==> http://chirpstory.com/li/7293
- Permainan Raksasa Minyak Global Masuk ke Indonesia ==> http://chirpstory.com/li/7293
- Sedikit info Permainan Pertamina/Petral soal hargaImpor BBM ==> http://chirpstory.com/li/7293
- Pertamina, Petral, Istana, dan KIB II ==> http://chirpstory.com/li/7827
- Petral, Hanya Rakyat yang Bisa Bubarkan ==> http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2013/01/medianusantara-melawanlupa-petral-hanya.html
Jadi kl pembeli ingin membeli minyak mentah hr ini, mk hrs dibeli dng hrg spot (hrg sesaat) berapapun bsr jmlhnya hrs dlm 1 transaksi. Jd kl salah 1 trader yg dikenal sbg Jobber mengatakan ada tersedia spot 5 jt barel minyak metah ya hrs dibeli semua tdk bs diketeng. Minyak mentah tdk bs dibeli ketengan spt belanja buah dipasar. Perdagangan minyak mentah semuanya sdh "lock-up" tdk ada spare volume. Krn semuanya sdh msk dlm transaksi komoditi spt emas, perak, tembaga dll & hny melalui trader spt sogo shosha jepang atau org. yg credible sj yg bs dilayani oleh #Jobber, krn hrs dilakukan putus kontrak & tdk mungkin dibeli bgt hrg minyak mentah & lokasi tanker. sdh msk di Reuter atau Bloomberg commodity "future screen" yaitu sdh tertera dlm layar monitor tentang spesifikasi minyak & jumlah dr minyak mentah yg tersedia utk dibeli secara spot. Kl ada kontak umum biasanya Cuma dikasih quatasi di layar trading room saja
Bisnis minyak mentah adl bisnis produk politik artinya keputusan ada ditangan presiden Iran atau Raja Saudi atau Emir Kuwait. Kl Indonesia perlu minyak mentah & kontak Raja Saudi atau Presiden Iran, melalui menteri minyak sbg org suruhan raja/presiden. mrk akan bilang kirim tanker saja kita isi penuh. Nah tanker inilah yg tdk ada semua sdh terisi penuh sjk lepas galangan kapal. Sdh dicater oleh para #jobber ini, kecuali pny armada tanker sendiri spt ExxonMobil, Total atau Shell
Menyewa tanker biayanya sekitar 4%/ton x jmlh muatan (ton) x 6.3 x hrg spot/barel yg diisi dlm kapal tanker sejak dr pelabuhan kedemaga. minyak sipembeli dimana minyak itu diturunkan. Spt kita naik taksi dr bandara Soeta ke rumah, sampai ditempat kemudian hrs tunggu. maka biaya tunggu untuk unloaded adalah >US$100,000/hari bisa sampai US$200,000/hari kl tanker lbh besar daya muatnya. Kl ada koneksi dengan negara spt S'pore atau Liberia atau Bahama, maka kapal supertanker bisa lepas sauh & tunggu DO Kemana kapal hrs turunkan muatan minyak mentah, dng catatan muatan sesuai dng spesifikasi "refiner" penyulingan minyak. Biasanya "light crude" API 40 sampai 50 (encer spt kopi hitam) ini yg tinggi nilainya spt WTI atau Brent crude oil. Kalau pembeli minyak menta sdh serius dan kredibel dari mana asalnya dan mewakili siapa, maka "tradernya" yg datang. Jng bayangkan trader pakai dasi & berusia lanjut, tidak mrk berusia antara 35-40th model antonio bandera krn mrk inilah yg akan mencari. Bukan mencari diladang2 minyak arab, tetapi mrk mencari di layar kaca "commodity trading work station" dimana yg sdh jatuh tempo dan jumlahnya, jenis minyak API dan jumlahnya. Nach kl mrk bilang ada ready 5 juta barel, maka engga bs kita tawar utk ambil 1 jt barel hrs semuanya diambil. Kl punya koneksi dng pembeli spt Petral/Pertamina dan #refiner yg sdh pny tangki penyimpanan (tank farm) & spek minyak sesuai dng #refinery biasanya utk Pertamax & Pertamax+ dng API 40 keatas, minyak sejmlh 5 juta barel dipompa ke tank farm. Selanjutnya di suling jd Pertamax/Pertamax+ jd milik Mr. Gasoline yg selanjutnya bertransaksi dng Pertamina & penguasa Cikaos
Krn sdh masuk dlm sistim lingkaran jobber (oil commodity trader), refiner dan "the seven sisters" maka lingkaran ini tdk boleh putus. Ibaratnya sdh masuk dlm lingkaran "lottery" spt sdh masuk dlm permainan poker ya engga boleh stop ditengah jalan. Krn akan mengganggu link yg sdh terbentuk, spt kl sdh msk lingkaran "Junkie" maka tdk sembarangan "new commer" bisa dapat "boat". Makanya disebutkan "Oil business is a murky business" dalam hal ini siapa yg sdh jadi junkie yg pengendara mobil & motor di Indonesia. Spy lestari lingkaran perdagangan ini mka dicari alasan2nya spt besarnya subsidi minyak sngt tinggi krn orng kaya pakai minyak subsidi.
Bagaimana dng sulingan bensin premium? Premium adl bensin jelek diambil dr "petroleum gas cooker" bahannya dr sisa sulingan oktan tinggi dibeli oleh trader Jobber dijual ke pembeli Mr. Gasoline, kemudian disuling di belanda (rotherdam) br dikirim ke pembeli. Sama hal spt di Singapore utk kelas Pertamax / Pertamax+ yg di Roterdam adl kelas Premium, krn penyulingan dr refiner lama. Pernah dicoba di kilang balongan milik Pertamina utk memproduksi premium hasilnya bumpet rusah musti dimodifikasi lagi. Kilang minyak Pertmina di Dumai adl utk minyak dr ladang Minas yg waxy parafin dan kebanyakan utk olie produknya sedikit nafta.
Lazimnya kl bertransaksi minyak mentah pertanyaan yg diminta trader adl mau beli jenis apa? WTI/Brent/Saudi/Russia/Dubai/
Chevron sj berani sama MenESDM, berani2 loe gue turunin prdksi minyak dilapangan konsesi gue toch scr hkm gue berkuasa dikonsesi. makanya kl sepintah kita baca hrg minyak itu adl hrg utk kontrak NYME beberapa bulan kedepan (future) bukan harga sesaat (spot) Reference dr EIA ada daftar hrg2 minyak mentah spot dan future contract dr seluruh dunia dn jenis2 API-nya. Harga spot adl harga hari ini yg diputuskan utk diangkut, yaitu harga deal dan kapal supertanker angkat sauh dan berlayar menuju t4 pelepasan muatan minyak. Jd ga gampang kl mau coba2 main minyak, krn trader akan tanya jenis API, sertifikasi dr #refiner yg sesuai dng muatan minyak dlm kapal tanker dan dimana demaganya dan sertifikat refiner bersedia mennyuling minyak dng biaya US$5-10/barel. Setelah disuling di Singapore. Roterdam mau dibawa kemana, dan mana DO dr Pertamina jumlahnya dan tern deliverynya. Kl ini tdk jelas dr "New Comer" maka tdk ada penjualan bisa dilakukan krn sifatnya adlah beli putus (one time open market transaction) dan barang langsung dikirim dng jumlah tersedia yg rdk bs dikurangi ke lokasi penerima Komoditi dng harga saat transaksi disepakati. Dana pembelian harus dibayar paling lama 2 minggu, kl Pertamina bisa defferred sampai 3 bulan krn repeat order.
Pny pengalaman dng sdco milik SDj, iparnya datang BHk mau jual minyak dr Kazakstan kekantor, trader sogo shosha dr Tokyo dtng, trnyta minyaknya bodong, minta sertifikat refinery djepang spy bs ambil minyak dr Kazakstan, dikontak ksn & bodong penjual tdk bonafit. Kl Mr Gasoline ini memang well connected dng lingkaran yg spt bandarBBM (The 7 sista)-pengedarBBM (Jobber)-junkie BBM (Pertamina). Layaknya perdagangan spt ini the copnya hrs dpt, walikotanya jg hrs dpt, dr penadahnya & Mr gasoline ini adl mister go in between. Terima komisi BBM (Bo'at) adl bagian dr mata rantai perdagangan BBM dan minyak mentah untuk para pecandu BBM
Menurut analisa saya subsidi ini memang diadakan krn semua tangan2 jadi berminyak tdk kering tetapi hrs ada yg disalahkan. Yg disalahkan adl org kaya yg katanya msh sk beli premium (omong kosong) mana ada yg mau isi Jazz baru keatas dng premium yg kotor. Krn refiner pengilang akan melakukan pekerjaan sesuai dng permintaan mr gassoline dng #Jobber maka hrs kontrak jangka panjang krn sifat kontrak jangka panjang, maka hrs dibuat jadi junkies BBM utk impor terus menerus. Maka sy tdk heran kl ExxonMobil gak mau buka lapangan Cepu dan Banyu urip di Jateng-Jatim, spy demand thd minyak mentah dan produk olahan ttp tinggi. Apalagi proyeksi 2018 permintaaan BBM mencapai >3-3.5 juta barel/hari dan sampai tahun itu akan ada subsidi kecuali subsidi hanya diberikan dlm volume kecil utk daerah kota2 kecil dan daerah perintis diluar jawa, maka lingkaran rantai ini bisa diputus
Pembelian spot jangka panjang bisa dilakukan antara institusi melalui NYME atau negosiasi private antar commodity trader. Pembelian spot diknl sbg Contago yaitu contract diluar pebelian berjangka (out month) lbh mahal dr yg sdh mendekati bts wkt (near-month). Jd walau hrg minyak dunia menurun (utk bbrp bln kedepan) tetapi harga spot delivery naik bgt jg sebaliknya tergantung #Jobber.
Perdagangan minyak mentah total sdh dikuasai oleh pemegang mandat harga di NY dan London. Issue minyak mentah bakalan habis membuat Amerika menginvasi Iraq untuk mengamankan energy (resource war) dng alasan ada senjata pemusnah massal
Delivery order tanpa kontrak pembelian jangka panjang hrs dilakukan atau minyak tdk ada walaupun tanker2 terisi penuh lepas dr galangan. Harga minyak yg penting, fisiknya kurang penting tetapi hars ada, utk backup minyak yg di sekuritisasi jadi ETF (Exchange Trade Fund). ETF yg diperdagangkan oleh para trader yahudi di NYME & London inilah yg menentukan untung ruginya bisnis minyak dunia. Sementara Arab cuma dapet laporan dr org yahudi kl minyanya di dlm tanah mrk lg naik & mereka senang minum2 qa'mar. Kalaupun mereka terima wire transfer juga terbatas hanya liat2 dlm layar kaca tapi real moneynya ada di bank2 London & NY. Kl uangnya sdh bnyk di-takut2ti & dinasehati beli snjt, uangnya balik lg ke bank2 milik yahudi, bule dpt job bikin & plihara snjta Arab
Sangat berbeda dng Chaves negara dng cadangan minyak terbesar (Orinoco heavy oil belt) di benua Amerika. Dia tdk mau Ladang2 minyaknya di sekuritisasi dan menjual kpd yg memiliki armada tanker dan kebanyakan dr negeri China dibayar Yuan Ok!. Krn Chaves berfikir uang Yuan beredar di tangan 1.3 miliar orang sdh cukup dbanding dng US$ yg tdk sampai 1 miliar tangan. Cepat atau lambat Chaves sadar kl Yuan akan echangeable dng semua mata uang dunia stl China menjadi No1 ekonomi dunia.
PENUTUP: Negara kita sdh msk dlm lingkaran junkie BBM (Bo'at) subsidi dilakukan spy maling lestari kecuali kt plih Capres yg 1 itu? END.
Baca Juga :
- "Rahasia Dibalik Perdagangan Triliunan Dollar Minyak Mentah" ==> http://
- "Kondisi Cadangan Minyak Dunia" ==> http://chirpstory.com/li/38745
- di balik perdagangan minyak dunia ==> http://chirpstory.com/li/44586
- Mafia Minyak di Indonesia ==> http://chirpstory.com/li/6495
- Sekilas Tentang Muhamad Reza Chalid,Raja Mafia Minyak ==> http://chirpstory.com/li/7338
- Menghitung Kerugian Negara Akibat Ulah Mafia Minyak ==> http://chirpstory.com/li/7293
- Permainan Raksasa Minyak Global Masuk ke Indonesia ==> http://chirpstory.com/li/7293
- Sedikit info Permainan Pertamina/Petral soal hargaImpor BBM ==> http://chirpstory.com/li/7293
- Pertamina, Petral, Istana, dan KIB II ==> http://chirpstory.com/li/7827
- Petral, Hanya Rakyat yang Bisa Bubarkan ==> http://
__._,_.___
Reply via web post | Reply to sender | Reply to group | Start a New Topic | Messages in this topic (1) |
.
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar