Selasa, 06 Agustus 2019

[Media_Nusantara] BUMN CHINA.

 

BUMN CHINA.

Pada tahun 2015 pemerintah China melakukan reformasi radikal terhadap BUMN. Dari total 117 BUMN, disusutkan menjadi 98 BUMN saja. Dampaknya bukan hanya pengurangan jumlah BUMN tetapi juga penutupan unit business di bawah BUMN yang tingkat PSO dibawah 50%. Yang tingkat PSO diatas 50%,  modalnya di tingkatkan. Usaha jasa seperti hotel dan catering di lepas ke swasta. 

Mungkin karena china adalah negara komunis dimana orientasi poltik negara adalah rakyat maka mereka membayar orang berdasarkan index PSO. BUMN hanya focus kepada business yang rumit, hulu dan membutuhkan tekhnologi dan modal besar saja. Selebihnya diserahkan kepada swasta. Bukan itu saja, BUMN china juga melakukan restruktur neraca lewat revaluasi asset dan penyertaan modal negara, agar semakin sehat untuk melakukan ekpansi bisnis dan mengkases pasar uang dan modal. Karenanya, BUMN china tidak sungkan menarik ekpatriat asing dibidang bisnis dan financial engineering.

Di China standard gaji pegawai BUMN didasarkan kepada index  PSO (Public Service Obligation). Semakin tinggi inidex nya semakin tinggi gaji pegawai tersebut. Contoh Kepala Stasiun Kereta Louho di Shenzhen gajinya lebih tinggi dibandingkan  Walikota Shenzhen. Mengapa ? Karena tanggung jawab sosial yang berhubungan dengan publik lebih berat dibandingkan dengan walikota. Gaji pegawai Agriculture Bank OF China.  lebih tinggi dibandingkan dengan Bank central China.Mengapa ? karena Agriculture Bank OF China lebih besar index PSO nya dibandingkan People Banks Of China. yang hanya melaksanakan UU dan kebijakan pemerintah. Agriculture of bank china harus mengelola ratusan juta petani dan nelayan, dan sebagian besar lemah  namun menjadi tanggung jawab negara harus dibina.

Dai Xianglong, Gubernur People Banks Of China, memilih bersaing jadi walikota Tianjin. Gajinya lebih tinggi sebagai walikota dibandingkan  gubernur People Banks Of China ( bank central ). Kemudian usai jabatan walikota Tianjin dia menjadi Ketua dana pensiun nasional ( TASPEN ), yang index PSO nya lebih tinggi dibandingkan walikota. Kini dia masuk lingkaran elite terbaik China.

Apa hasilnya ? Tahun 2017 Laba total BUMN China naik 15,2 % menjadi 1,4 Triliun Yuan ( USD 217,5 miliar ) atas lebih besar dari APBN kita. Laba ini tertinggi selama lima tahun belakangan ini. Pendapatan operasional pun naik 13,3 persen menjadi 26,4 triliun yuan. Total aset mencapai 54,5 triliun atau meningkat  7,9 persen dibandingkan 2016. Ini prestasi yang luar biasa.  Untuk mencapai itu, pemerintah harus menutup anak perusahaan "zombie" yang merugi dan kelebihan kapasitas di bidang-bidang seperti baja dan batu bara. Rencana tahun ini ada 1.200 perusahaan zombie akan di masukan ke peti mati. Closed file. Tentu merumahkan jutaan tenaga kerja. Semua elite partai komunis tidak boleh lagi duduk sebagai direksi atau komisari BUMN. Semua harus orang profesional. Dan memungkinkan ada direktur independent.

Pejabat CHina mengatakan kepada saya bahwa bukan pasar atau bisnis  yang salah, tetapi mental pejabat BUMN yang harus diubah.  Hanya karena kebijakan keras, kami bisa membuktikan BUMN dapat tumbuh ditengah krisis global.  Padahal dulu petumbuhan ekonomi kami dua digit tetapi laba tidak sebesar sekarang dalam pertumbuhan satu digit. Artinya betapa korupsi dimasa lalu sangat besar. Semua terbukti sudah. Karenanya kedepan, kebijakan apapun harus rasional.  Memang akibat kebijakan keras tersebut, banyak direktur BUMN yang masuk penjara dan kena hukuman mati, ada juga yang bunuh diri sebelum di hukum mati.  Dampaknya sangat drastis. Kepercayaan kepada BUMN china  meningkat di hadapan publik. Selama dua tahun dana swasta masuk ke BUMN China di bidang listrik, minyak, gas, shipping dan telekomunikasi mencapai 90 miliar Yuan.

Target kedepan BUMN China akan bermetamorfosis menjadi Badan Usaha campuran dalam hal kepemilikan. Artinya rakyat China boleh memiliki saham BUMN. Kemungkinan bila regulasi ini dibuka maka saham terbesar akan dikuasai oleh gerakan Koperasi. Tanpa disadari karena waktu, proses berlanjut, rakyat yang selama ini diam namun terus bekerja, akhirnya karena sunnatullah kekayaan itu dikembalikan kepada mereka. Karena sesungguhnya pemilik China adalah rakyat CHina. Tetapi kepemilikan itu tidak didapat dengan hadiah atau gratis. Kepemilikan itu diperjuangkan dengan semangat kerja keras dan hidup hemat , gemar menabung. Sehingga qualified bermitra dengan negara untuk kemakmuran mereka sendiri.


Dikirim dari Yahoo Mail untuk iPhone

__._,_.___

Posted by: Al Faqir Ilmi <alfaqirilmi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar