Minggu, 11 Mei 2014

[Media_Nusantara] Kapal Pilipina Kejar Nelayan di Indonesia

 

Kapal Pilipina Kejar Nelayan di Indonesia

Sebuah kapal ikan Pilipina memasuki wilayah Indonesia mengejar kapal nelayan di perairan laut Essang, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara pukul 07.30, Minggu (11/5).
 
Kedua orang nelayan bernama Soleman Lulage dan Stevi Lulage mencari adalah nelayan dari Desa Lalue Kecamatan Essang, Kabupaten Talaud mencari ikan di perairan Essang yang biasa dicapai 2 jam dari daratan. Laut Essang terletak di sebelah selatan dari Pulau terluar, Miangas di Sulawesi Utara yang berbatasan dengan Mindanao, Pilipina.
 
"Ini pelanggaran batas laut. Koq bisa rakyat kita dikejar-kejar orang asing di rumahnya sendiri," demikian Koordinator Komite Nasional-Penegakan Kedaulatan Rakyat (KN-PKR) Sulawesi Utara, Jimmy Robert Tindy melaporkankepada bergelora.com di Manado, Minggu (11/5) pagi.
 
Hingga berita ini dilaporkan kejar mengejar masih berlangsung. Belum ada tindakan aparat keamanan dan pertahanan setempat terhadap kejadian ini.
 
"Negara besar seperti Indonesia jangan sampai gagal melindungi rakyatnya di wilayahnya sendiri," ujarnya.
 
Namun dirinya menyadari bahwa Indonesia memang tertinggal dibidang peralatan dan sistim pertahanan keamanan. Sampai saat ini menurutnya memang pemerintah belum berhasil menjaga batas laut antara Indonesia dan Pilipina.

"Alutsista (alat utama sistem pertahanan-red) kita lemah. Kapal kita kuno. Sementara ada pos penjagaan tapi kadang kendala di Talaud stok BBM kurang," ujarnya lagi.


Sumber: http://www.bergelora.com/nasional/hukum/350-kapal-pilipina-kejar-nelayan-di-indonesia.html

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)


.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar