Kamis, 09 Januari 2014

[Media_Nusantara] MS Hidayat Kaget Lihat Timbunan Mineral Mentah RI di China

 

Kok bisanya cuma kaget? hayo segera bertindak pak, berkoordinasi dengan berbagai lembaga negara yang ada. Karena mungkin inilah salah satu penyebab kenapa bahan baku industri kita banyak yang impor. Sehingga daya saing Industri kita kalah dibanding negara2 lain, padahal sumber bahan baku itu berasal dari Indonesia.

MS Hidayat Kaget Lihat Timbunan Mineral Mentah RI di China

"Kemarin sore, saya baru pulang dari China."

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat.
Menteri Perindustrian M.S. Hidayat.

VIVAnews
- Menteri Perindustrian MS Hidayat mengaku sedih ketika melihat puluhan juta ton mineral asal Indonesia ditimbun China. Apalagi mineral tersebut masih dalam bentuk tanah dan belum diproses sama sekali.
 
Di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu malam, 8 Januari 2013, Hidayat mengatakan fakta tersebut dilihatnya langsung ketika berkunjung ke China beberapa waktu lalu.
 
"Kemarin sore, saya baru pulang dari China, tumpukan tiga juta ton di pinggir pantai bauksit dari Indonesia. Itu persediaan selama setahun," ungkapnya.
 
Fakta itulah yang memperkuat pemerintah untuk menerapkan Undang-undang (UU) minerba yang akan mulai diberlakukan pada 12 Januari mendatang. "Semuanya tumpukan ekspor bahan mentah dari Indonesia, itu yang mau kita stop," ujarnya.
 
Pihak China sebagai salah satu langganan pengimpor barang tambang dari Indonesia pun telah berjanji tidak akan menerima mineral mentah lagi. "Mereka sudah setuju tidak lagi terima order dari Indonesia," ungkapnya.
 
Aturan pelarangan ekspor barang mineral mentah diatur dalam Undang-undang No. 4 Tahun 2004. UU tersebut didukung oleh peraturan pemerintah (PP) No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.
 
Tujuan terbitnya aturan ini karena pemerintah menginginkan hilirisasi pertambangan berkembang di Indonesia. Bukan hanya pengusaha yang mendapatkan untung, tapi juga masyarakat. (umi)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar