Minggu, 14 September 2014

[Media_Nusantara] Penyidik Kejati Jatim Temukan Dugaan Permainan Takaran dan Pungli Tera SPBU di Jatim Sejak 2007

 

Penyidik Kejati Jatim Temukan Dugaan Permainan Takaran dan Pungli Tera SPBU di Jatim Sejak 2007

Sabtu, 13 September 2014 

SURYA Online, SURABAYA – Selain permainan takaran, pengusutan kasus Tera di 125 SPBU di Jawa Timur oleh penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur juga mengarah pada terjadinya pungulan liar (pungli) oleh petugas tera.

Tak tanggung-tanggung, pungli di hampir sejumlah SPBU di Jawa Timur itu ditengarai sudah terjadi sejak tahun 2007 silam.

Ironisnya, pungutan haram ini diduga berlangsung secara struktural dan terus menerus selama bertahun-tahun.

"Kami masih menyelidikinya. Semoga dalam waktu dekat semua bisa terungkap," jawab Kasi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Jatim, Muhammad Rohmadi, Sabtu (13/9/2014). Menurut seorang sumber di lingkungan Kejati Jatim, dalam penyelidikan petugas, dugaan adanya Pungli itu terjadi pada pungutan retribusi yang dilakukan petugas tera kepada SPBU. Pungutan ini, kabarnya dilakukan dua kali atau sekali dalam setahun.

Selama ini, ketentuan itu tidak pernah disosialisikan.

Menurut keterangan dari para pengelola SPBU saat menjalani pemeriksaan di Kejati Jatim, mereka hanya nurut saja ketika diminta membayar oleh petugas Tera. Berapa yang diminta, ya segitu yang dibayarkan.

Sayangnya, hingga sekarang ini penyidik belum bisa memastikan selisih antara retribusi yang sebenarnya dengan retribusi (lebih kecil) yang selama ini diterima negera dari Tera SPBU di Jawa Timur.

Mengenai hal ini, Rohmadi hanya menjawab bahwa penyelidikan masih terus berlangsung. Selain terus mengumpulkan alat bukti, penyidik juga sudah memintai sejumlah keterangan dari pihak-pihak yang terkait persoalan ini.

Baca juga:

Manipulasi Tera SPBU, Kejati Jatim Duga Ada Pungli Terjadi Secara Struktural ==>http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2014/09/medianusantara-manipulasi-tera-spbu.html?m=1

Aksi Curang Pengusaha Nakal BBM ==>http://m.liputan6.com/news/read/397442/aksi-curang-pengusaha-nakal-bbm

Isu Kecurangan SPBU (Bag.1) Handle dimainkan Kucuran Tertahan? ==>http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/11/24/325745/127/7/Isu-Kecurangan-SPBU-Bag.1-Handle-dimainkan-Kucuran-Tertahan

Isu Kecurangan SPBU (Bag.2) Metode Kalibrasi ==>http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/11/24/325746/127/7/Isu-Kecurangan-SPBU-Bag.2-Metode-Kalibrasi

Susut BBM Di Spbu (losses) ==>http://aldinosya.blogspot.com/2014/01/susut-bbm-di-spbu-loses_23.html?m=0


__._,_.___

Posted by: Al Faqir Ilmi <alfaqirilmi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar