Minggu, 16 September 2012

[berita_nusantara] Opini

 

OPINI: http://suaraberitaku.com/page4.php?post=16

Oleh: Erik Satrya Wardhana

Anggota DPR RI Fraksi Partai Hanura 

Daerah Pemilihan Kab. Cianjur dan Kota Bogor 

Besarnya animo masyarakat mengenai Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur, merupakan sebuah fenomena yang perlu direspon oleh berbagai pemangku kepentingan. Pengunjung yang mencapai rata-rata 2000 orang per hari, dimana puncaknya terlihat pada saat libur lebaran tercatat dalam buku tamu juru kunci dan pemelihara mencapai 7000-an. Fenomenal, karena kejadian ini tidak dijumpai pada tahun-tahun sebelunya. Bukan saja warga Cianjur, akan tetapi juga dari luar Jawa Barat, bahkan wisatawan asing. 
Lonjakan tersebut tidak lepas dari pemberitaan tentang penelitian Gunung Padang dan berbagai polemiknya, yang tersiar luas melalui media massa. Wisatawan Gunung Padang sebagian besar merupakan pengunjung baru yang mengaku penasaran terhadap hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Riset Bencana Katastropik Purba yang terdiri para ahli lintas disiplin ilmu, bentukan Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana. Dimana di dalam situs itu terdapat sebuah bangunan kuno buatan manusia yang dibangun pada masa sebelum masehi. Temuan ini sangat istimewa dan diharapkan dapat menguak khazanah kekayaan budaya nusantara pada masa lampau. 

Bagi masyarakat Cianjur fenomena ini tentunya sebuah berkah, baik dilihat dalam dimensi sosial maupun ekonomi. Apabila dikelola dalam managemen perencanaan yang baik, tentu menjadi sebuah potensi sumber pendapatan baru daerah bahkan nasional. Disinilah diperlukan sinergitas lintas sektor, baik pemerintah pusat maupun daerah, guna mengoptimalkan harapan-harapan tersebut. 

Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Cianjur, saya telah mengumpulkan cukup informasi dan berdiskusi dengan berbagai pihak tentang perkembangan situs Gunung Padang ini, termasuk telah ………..

http://suaraberitaku.com/page4.php?post=16

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar