Minggu, 04 Januari 2015

[Media_Nusantara] Temuan Baru Tim Anti Mafia Migas soal Petral

 

Temuan Baru Tim Anti Mafia Migas soal Petral

Tim Reformasi Tata Kelola Migas memenuhi janjinya untuk memberi rekomendasi terkait status Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Selain memberi rekomendasi melumpuhkan Petral, tim besutan Faisal Basri ini mengungkap sejumlah fakta baru terkait praktik anak usaha dari PT Pertamina (Persero) ini.

"Temuan yang dikumpulkan tim mengungkap adanya mata rantai pengadaan minyak dan BBM tidak mengalami perbaikan yang berarti," kata Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri di Gedung Kementerian ESDM di Jakarta, Selasa (30/12/2014).

Adapun temuan terbaru Tim Anti Mafia Migas soal aktivitas Petral sebagai berikut :

1. Petral mengklaim pengadaan minyak lambat laun sudah semakin banyak melalui National Oil Company (NOC), bahkan sekarang sepenuhnya ada di NOC. Dengan perubahan ini muncul kesat kuat mata rantai pengadaan minyak semakin pendek. Padahal kenyataannya NOC yang memenangi tender pengadaan tidak selalu memasok minyaknya sendiri, bahkan kerap memperoleh minyak dari pihak lain.

2. Tidak semua NOC merupakan produsen minyak atau memiliki ladang minyak. Salah satunya NOC Maldives Ltd (tertera dalam daftar mitra usaha Petral). Faktanya, berdasarkan informasi yang diperoleh tim, NOC ersebut beberapa kali digunaka sebagai "kedok untuk memenuhi ketentuan pengadaan minyak oleh Petral.

3. Hingga rekomendasi ini disusun, Tim belum memperoleh data pemasok akhir minyak mentah maupun BBM ke Petral. Data yang diperoleh dari Petfal masih sebatas pemenang tender resmk yang mensyaratkan NOC. Tim sudah meminta Petral memberikan data pemasok akhir pada pertemuan Tim dengan Pertamina dan Petral pada 17 Desember lalu.

4. Tim menemukan pelaku pasar bertindak sebagai ageng yanh menggunakam fronting NOC Petro Vietnam Oil dalam pengadaan minyak mentah dari Nigeria. Pemasok sebenarnya adalah Trafigura yang memiliki hak alokasi atas minyak Nigeria.

5. PTT (NOC Thailand) digunakan sebagai vehicle dalam pengadaan minyak mentah dari Azeri dan Azerbijan. Muncul pertanyaan kenapa Petral tidak langsung melakukan kontrak dengan SOCAR Ttading Singapore, yang merupakan NOC dari Azerbijan. Atau setidaknya mendalami mengapa NOC Azerbijan itu tidak mengikuti tender tetapi kalah. Dan semakin dipertanyakan karena dalam pengadaan minyak Azeri PTT kerap menang.

6. Pada 2013, Petco Labuan Company Limited, perusahaam trading milik NOc Petronas digunakan dalam pengadaan High Speed Diesel Fuel 0,35 persen Sulphur yang pengapalannya dilakukan oleh HinLeon Trading (PTE) atas nama Sinopec (Hong Kong) Petroleum Company Limited.

7. Pada 2013 juga, Petco Labuan Company Limited digunakan sebagai NOC dalam pengadaan Gasoil 0,35 persen Sulphur yang pengapalannya dilakukan SK Energy Co., Ltd atas nama SK Energy International PTE Ltd.

8. Pada 2013, Petco Labuan Company Limited digunakan sebagai NOC pengadaan jet/kerosin yang pengapalannya dilakukan AVTTI atas nama Vitol Asia Pte Ltd.

9. Pada 2013, Petco Trading Labuan Company Limited digunakan sebagai NOC dalam pengadaan Gasoil 0,35 persen Sulphur yang dilakukan oleh HingLeong Trading (PTE) LTD.

10. Pada 2013, Petco Trading Labuan Company Limited digunakan sebagai NOC dalam pengadaan Gasoil 0,35 persen Sulphur yang dikirimkan oleh HinhLeong Trading (PTE) LTD atas order Sinopec (HongKong) Protoleum Company Limited.

11. Pada 2014, Petral melakukan beberapa pengadaan Gasoline Ron 88 menggunakan kapal Akrotiri oleh Vopak atas pesanan Philips 56 International Trading PTE LTD.

12. Berdasarkan temuan tim, beberapa pelaku pasar di pasar minyak Singapura tidak melakukan penawaran langsung ke Petral karena spesifikasi produk (minyak mentah dan BBM) yang ditenderkan tidak lazim dalam usaha perminyakan, proses berbelit-belit dan harus menghadapi pihak ketiga sebagi agen. Namun, pelaku yang bersangkutan mengakui dengan terbuka mengapalkan minyaknya secara teratur ke Indonesia melalui trader.

13. Tim menemukan indikasi kebocoran informasi mengenai spesifikasi produk dan owner estimate sebelum tender berlangsung.

14. Tim menemukan cukup banyak indikasi adanya kekuatan "tersembunyi" yang terlibat dalam proses tender oleh Petral.

baca juga :

Tim Reformasi Tata Kelola Migas: Rekomendasi Keberadaan PETRAL ==> http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2014/12/medianusantara-tim-reformasi-tata.html

Rekomendasi Transparansi dan Penentuan Harga BBM Bersubsidi ==> http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2014/12/medianusantara-rekomendasi-transparansi.html

Siapa sih MAFIA MIGAS itu ? ==> http://www.bonihargens.com/2014/07/12/2401/siapa-sih-mafia-migas-itu-kesaksian-pelaku-1.php

__._,_.___

Posted by: Al Faqir Ilmi <alfaqirilmi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar