Senin, 11 April 2016

[Media_Nusantara] KOMUNIKASI

 

KOMUNIKASI
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSF3S1tQ0diKe87_OQHbxlm99_nEVPcdw-ljQ4q9dtwnwyul9Vv
Konon di tahun 1998 pernah diadakan sebuah survey untuk menghimpun pendapat apakah 5 atribut utama seorang manajer yang layak dan harus dimiliki. Survey ini pertama-tama memberikan sebanyak 14 atribut, mulai dari kemampuan mengelola perbedaan hingga kemampuan mengenali kondisi pasar dan kecenderungannya. Dari 14 atribut ini, responden diminta untuk menyusun 5 prioritas utama. Apa yang dihasilkan sungguh menarik. Atribut pertama dan utama adalah kemampuan dan keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi. Ke dua adalah orientasi kepada etika, berperilaku santun sesuai budaya yang ada dan juga memiliki integritas yang tinggi. Ke tiga adalah kemampuan untuk mengelola perubahan (keanekaragaman). Ke empat adalah kemampuan untuk memotivasi dan terakhir kemampuan menjadi manajer yang strategis dan visioner.

Tidak kalah menarik adalah survey lain yang mencoba memotret faktor-faktor apa yang harus dimiliki seorang staff dan menjadi kriteria untuk penerimaan karyawan baru dengan posisi non-manajerial. Respondennya cukup banyak hingga mencapai 3000 orang. Ini hasilnya. Di urutan pertama adalah Sikap. Ini tentu menyangkut perilaku yang santun baik kepada atasan maupun kepada rekan kerjanya. Urutan kedua adalah keterampilan berkomunikasi. Bagi seorang manajer, keterampilan inilah yang utama dan pertama, namun bagi staff masih boleh ditempatkan di urutan kedua. Sikap dan perilaku jauh lebih penting. Urutan ke tiga adalah pengalaman kerja sebelumnya. Ya, bagaimana pun pengalaman cukup penting dan membawa arti, pengalaman mengandung banyak pembelajaran. Urutan ke empat adalah rekomendasi dari para karyawan, dan urutan ke lima adalah rekomendasi dari majikan sebelumnya.
Mari coba berkaca dan belajar. Tidak ada manusia yang sempurna, saya pun tidak, namun mari bersama mengarah ke sana. (10 April 2016)

--
 
 
Laudate Dominum
- Julianto Djajakartika - Bekasi

__._,_.___

Posted by: Hery Dono <herydono@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar